Momen dan Keabadiannya

“Apakah kita masih dapat menikmati setiap momen tanpa mengabadikannya di semua media sosial yang kita miliki?”

Deg!

Sebagai pengguna media sosial yang aktif, aku merasa tertampar ketika disuguhi pertanyaan di atas. Bagiku, beberapa momen memang perlu diabadikan. Seperti mengunggah foto bersama keluarga di hari lebaran, foto kejutan ulang tahun bersama teman, atau mungkin foto bersama pacar saat merayakan hari jadi ke Instagram; menulis kicauan ‘thanks for today‘ sembari nge-mention nama-nama pengguna yang sudah mengisi hari kita sehari penuh; memperbarui lokasi atau mendengarkan lagu bersama orang yang sedang bersama kita di Path; atau nge-snap kejadian-kejadian menarik dengan beberapa fitur terbaru.

Beberapa orang akan menilai diri kita dari konten apa yang kita bagikan. Penilaian tersebut cenderung subjektif yang terkadang menimbulkan kesalahpahaman. Pelabelan tukang pamer, pengin nge-hits, berlebihan, anak layangan, dan sebagainya mungkin saja disematkan kepada kita.

Aku sendiri memilih untuk mengabadikan beberapa momen penting maupun tidak pentingku di beberapa media sosial. Bukannya tidak peduli dengan penilaian orang lain, hanya saja aku merasa sudah cukup bijak−dan memang harus−dengan konten-konten yang kupublikasikan. Sehingga tidak ada yang merasa terganggu dengan itu.

Nah, kembali ke pertanyaan di kalimat pertama tulisan ini, aku memilih menjawab: masih. Karena perihal momen, setiap orang memiliki cara mengabadikannya masing-masing. Ada yang memilih dengan hanya menguncinya dalam ingatan, menghidupkannya dalam potret, memanjangkan usianya dalam tulisan, mengabadikannya ke semua media sosial, ataupun melakukan keempat-empatnya yang bergantung pada tingkat kedalaman momen tersebut bagi dirinya sendiri.

Tidak ada yang salah, karena setiap orang memiliki cara mengabadikannya masing-masing. Dan yang terpenting: mereka bahagia dengan momen serta cara mengabadikannya tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s